Penerapan K3 pada PT. KAI Commuterline Indonesia

Nama
Perusahaan
|
PT.
Kereta Commuter Indonesia
|
Bidang
Pekerjaan
|
Transportasi
|
Pertama
Menggunakkan K3
|
April 1999 dibawah nama PT Kereta
Api
(sebagai Divisi Angkutan Perkotaan Jabotabek),20 September 2017- sekarang |
Evaluasi/Akreditasi
Penerapan K3
|
Penerapan
untuk Karyawan, Masinis, dan masyarakat sekitar
|
Resiko
terjadi Kecelakaan (Rendah-Tinggi)
|
Rendah:
Kelalaian dalam melaksanakan prosedur K3
Tinggi:1)
tertabrak Kereta jika tak mematuhi aturan yang berlaku. (kematian)
2)Tersetrum saat memperbaiki kerusakan pada
Sistem Kelistrikan KRL, jika tidak mematuhi prosedur K3.(Kematian)
|
Perlindungan
untuk Resiko-resiko yang akan terjadi
dan bagaimana perlindungan jika terjadi
kecelakaan
|
1)Menetapkan
standar K3
2)Menetapkan
tata tertib yang harus dipatuhi
3)Menetapkan
peraturan-peraturan.
Kesimpulan
yang dapat diambil dari penjelasan diatas yakni untuk menciptakan suasana
bekerja yang aman dan tertib harus menyeimbangkan sikap disiplin dan
tangggung jawab yang ada pada diri pegawai.
Selain
itu, ada beberapa tindakan khusus yang dapat dilakukan oleh pihak perusahaan
untuk mencegah kecelakaan kerja yaitu dengan mengetahui penyebabnya.
|
Sumber:
1. http://eprints.uny.ac.id/48813/1/SKRIPSI.pdf Oleh:ANDRI WAHYU SETYAWAN
2. https://id.wikipedia.org/wiki/KRL_Commuter_Line
Komentar
Posting Komentar